A. Fungsi Bimbingan dan Konseling untuk Anak
Usia Dini
1.
Fungsi pemahaman
Fungsi pemahaman yaitu usaha bimbingan yang dilakukan
guru atau pendamping untuk menghasilkan pemahaman yang menyeluruh tentang
aspek-aspek sebagai berikut:
a. pemahaman diri anak didik terutama oleh orang tua dan guru,
b. hambatan atau masalah yang dihadapi anak,
c. lingkungan anak yang mencakup keluarga dan tempat belajar,
d. lingkungan yang lebih luas diluar rumah dan diluar tempat belajar,
e. cara-cara penyesuaian dan pengembangan diri.
2.
Fungsi pencegahan
Fungsi pencegahan yaitu usaha bimbingan yang
menghasilkan tercegahnya anak dari berbagai permasalahan yang dapat mengganggu,
menghambat ataupun menimbulkan kesulitan dalam proses perkembangan.
3.
Fungsi perbaikan
Fungsi perbaikan adalah usaha bimbingan yang
menghasilkan terpecahnya berbagai permasalahan yang dialami oleh anak didik.
4.
Fungsi pemeliharaan dan pengembangan
Yaitu usaha bimbingan yang menghasilkan terpeliharanya
dan berkembangnya berbagai potensi dan kondisi positif anak didik dalam rangka
perkembangan dirinya secara mantap dan berkelanjutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar