SILABUS TEMATIK
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 1 Krakal
Kelas/Semester :
III/ I
Standar
Kompetensi : Seni Budaya dan Keterampilan (SBK)
4.
Mengapresiasi diri melalui karya seni musik.
Bahasa Indonesia
2. Mengungkapkan pikiran perasaan, pengalaman,
dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan atau pesan.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
1.
Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Penilaian
|
Sumber, dan Media Belajar
|
Seni Budaya dan Keterampilan (SBK)
4.2
Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa
iringan sederhana.
Bahasa
Indonesia
2.1
menceritakan pengalaman mengesankan dengan menggunakan kalimat yang baik dan
benar.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
Menyanyikan lagu anak-anak
Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
Membuat denah lingkungan.
|
A. Kognitif
1. Produk
4.2.2 Menghafalkan
lagu anak-anak tanpa musik iringan sederhana.
2. Proses
4.2.3 Menyanyikan
lagu anak-anak tanpa musik iringan sederhana.
B. Afektif
1. Karakter
4.2.4 Mengikuti
lagu anak-anak yang dinyanyikan dengan penuh percaya diri.
2. Keterampilan Sosial
4.2.5 Menunjukan
sikap kebersamaan terhadap teman di dalam kelas.
C. Psikomotor
4.2.4 Mendemontrasikan
lagu anak-anak dengan baik dan benar.
A. Kognitif
1. Produk
2.1.3 Menyebutkan
pengalaman yang mengesankan.
2. Proses
2.1.5 Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
2.1.6 Menuliskan pengalaman yang mengesankan.
B. Afektif
1. Karakter
2.1.7 Mengikuti alur cerita yang mengesankan
dengan penuh semangat.
2. Keterampilan Sosial
2.1.8 Mendengarkan pengalaman teman dengan
semangat menghargai.
C. Psikomotor
2.1.9 Mendemontrasikan
pengalaman yang mengesankan dengan baik dan benar.
2.1.10 Mengidentifikasikan
pengalaman teman dengan baik.
A. Kognitif
1. Produk
1.3.2 Menyusun denah dan peta lingkungan rumah
dan sekolah.
2. Proses
1.3.3 Menjelaskan denah dan peta lingkungan rumah
dan sekolah
1.3.4 Mendiskusikan denah dan peta lingkungan
rumah dan sekolah
B. Afektif
1. Karakter
1.3.5 Mengikiti penjelasan guru dengan penuh
semangat.
1.3.6 Menyenangi hasil peta yang dibuat oleh teman
dengan penuh semangat.
2. Keterampilan Sosial
1.3.7 Menunjukan sikap kebersamaan dalam
mengerjakan tugas kelompok.
1.3.8 Mendengarkan
penjelasan teman dengan penuh semangat menghargai.
C. Psikomotor
1.3.9 Membuat denah dan peta dengan baik dan
benar.
|
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran Tematik
A. Kegiatan Awal (10 menit)
1. Salam
2. Berdoa
3. Mengecek kehadiran siswa
4. Tes Penjajagan
5. Apersepsi
6. Acuan
B. Kegiatan Inti (40menit)
1. Guru menyampaikan kompetensi
yang ingin dicapai.
2. Guru menyajikan materi
sebagaimana biasa.
3. Untuk mengetahui daya serap
siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang.
4. Menugaskan salah satu siswa
dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan
pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti
peran. Begitu juga kelompok lainnya.
5. Menugaskan siswa secara
bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya
sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya.
6. Guru mengulangi/menjelaskan
kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa.
7. Kesimpulan/penutup.
C. Kegitan Penutup (20 menit)
1. Guru memberikan kesempatan
kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas.
2. Guru bersama siswa menyimpulkan
materi pelajaran.
3. Siswa mencatat hal-hal yang
penting dari materi pelajaran.
4. Siswa mengerjakan evaluasi.
5. Guru menyemangati siswa dan
memotivasi siswa untuk terus semangat belajar.
6. Guru memberi tugas PR kepada
siswa.
7. Siswa dan guru mengakhiri
pelajaran dengan berdoa bersama.
8. Siswa menjawab salam dari guru.
|
2 x 35 menit
|
Tes tertulis
Unjuk Kerja
Tes Tertulis
Unjuk Kerja
Tes Tertulis
Unjuk Kerja
|
Ismoyo dan Romiyatun. 2008. Aku Bangga Bahasa Indonesia 3: Sekolah
Dasar kelas 3. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional. (halaman 24-27)
Mei Sulistyaningsih. 2008. Bahasa
Indonesia 3: untuk Sekolah Dasar & Madrasah Ibtidaiyah kelas III.
Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. (halaman 3-4)
Muhammad Nursa’bandan Rusmawan. 2007. Ilmu
Pengetahuan Sosial 3: untuk SD dan MI kelas III. Jakarta: Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. (halaman 15-24)
M. Saleh Muhammad dan Ade Munajat. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 3: SD dan MI Kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional (halaman 20-30)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar