Sabtu, 13 Oktober 2012

Silabus Kelas III Semester 1



SILABUS TEMATIK
Satuan Pendidikan                               : SD Negeri 1 Krakal
Kelas/Semester                                      : III/ I
              Standar Kompetensi  :                            Seni Budaya dan Keterampilan (SBK)
                                                                                    4. Mengapresiasi diri melalui karya seni musik.
                                                                                Bahasa Indonesia
                                                                                            2.  Mengungkapkan pikiran perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan   tanggapan atau pesan.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
1.    Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Penilaian

Sumber, dan Media Belajar

Seni Budaya dan Keterampilan (SBK)
4.2 Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana.



















Bahasa Indonesia
2.1 menceritakan pengalaman mengesankan dengan menggunakan kalimat yang baik dan benar.

























Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)































Menyanyikan lagu anak-anak























Menceritakan pengalaman yang mengesankan.



























Membuat denah lingkungan.

































A.  Kognitif
1.    Produk
4.2.2 Menghafalkan lagu anak-anak tanpa musik iringan sederhana.
2.    Proses
4.2.3 Menyanyikan lagu anak-anak tanpa musik iringan sederhana.

B.  Afektif
1.      Karakter
4.2.4 Mengikuti lagu anak-anak yang dinyanyikan dengan penuh percaya diri.
2.      Keterampilan Sosial
4.2.5 Menunjukan sikap kebersamaan terhadap teman di dalam kelas.

C.  Psikomotor
4.2.4 Mendemontrasikan lagu anak-anak dengan baik dan benar.

A.  Kognitif
1.      Produk
2.1.3 Menyebutkan pengalaman yang mengesankan.
2.      Proses
2.1.5 Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
2.1.6 Menuliskan pengalaman yang mengesankan.
B.  Afektif
1.      Karakter
2.1.7 Mengikuti alur cerita yang mengesankan dengan penuh semangat.
2.      Keterampilan Sosial
2.1.8 Mendengarkan pengalaman teman dengan semangat menghargai.
C.  Psikomotor
2.1.9  Mendemontrasikan pengalaman yang mengesankan dengan baik dan benar.
2.1.10  Mengidentifikasikan pengalaman teman dengan baik.

A. Kognitif
1.    Produk
1.3.2  Menyusun denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.
2.    Proses
1.3.3  Menjelaskan denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
1.3.4  Mendiskusikan denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
B.  Afektif
1.    Karakter
1.3.5  Mengikiti penjelasan guru dengan penuh semangat.
1.3.6  Menyenangi hasil peta yang dibuat oleh teman dengan penuh semangat.
2.    Keterampilan Sosial
1.3.7  Menunjukan sikap kebersamaan dalam mengerjakan tugas kelompok.
1.3.8 Mendengarkan penjelasan teman dengan penuh semangat menghargai.
C.  Psikomotor
1.3.9  Membuat denah dan peta dengan baik dan benar.

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran Tematik
A. Kegiatan Awal (10 menit)
1.    Salam
2.    Berdoa
3.    Mengecek kehadiran siswa
4.    Tes Penjajagan
5.    Apersepsi
6.    Acuan

B.  Kegiatan Inti (40menit)
1.    Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
2.    Guru menyajikan materi sebagaimana biasa.
3.    Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang.
4.    Menugaskan salah satu siswa dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya.
5.    Menugaskan siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya.
6.    Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa.
7.    Kesimpulan/penutup.

C.  Kegitan Penutup (20 menit)
1.  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas.
2.  Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran.
3.  Siswa mencatat hal-hal yang penting dari materi pelajaran.
4.  Siswa mengerjakan evaluasi.
5.  Guru menyemangati siswa dan memotivasi siswa untuk terus semangat belajar.
6.  Guru memberi tugas PR kepada siswa.
7.  Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa bersama.
8.  Siswa menjawab salam dari guru.

2 x 35 menit



Tes tertulis



















Unjuk Kerja



Tes Tertulis





















Unjuk Kerja









Tes Tertulis



























Unjuk Kerja




Ismoyo dan Romiyatun. 2008.  Aku Bangga Bahasa Indonesia 3: Sekolah Dasar kelas 3. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.  (halaman 24-27)

Mei Sulistyaningsih. 2008. Bahasa Indonesia 3: untuk Sekolah Dasar & Madrasah Ibtidaiyah kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. (halaman 3-4)

Muhammad Nursa’bandan Rusmawan. 2007. Ilmu Pengetahuan Sosial 3: untuk SD dan MI kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. (halaman 15-24)

M. Saleh Muhammad dan Ade Munajat. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 3: SD dan MI Kelas III.  Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional (halaman 20-30)


Jumat, 12 Oktober 2012

Prites Metodelogi Pembelajaran



Metodelogi Pembelajaran

1.    Apa yang dimaksud dengan belajar, pengajaran dan pembelajaran?
2.    Apa yang anda ketahui tentang metode pembelajaran?
3.    Metode pembelajaran apa saja yang sudah anda kenal dan ketahui? Sebutkan dan jelaskan!

Jawaban!

      1.  Belajar merupakan aktivitas kearah perubahan tingkah laku melalui interaksi aktif individu terhadap lingkungan(pengalaman). Pengajaran adalah proses terjadinya pemberian atau transfer ilmu dari guru kepada siswa dalam kegiatan belajar mengajar.  Pembelajaran adalah penyediaan sistem lingkungan yang mengakibatkan terjadinya proses belajar pada diri siswa.

          2.  Metode Pembelajaran merupakan cara melakukan atau menyajikan, menguraikan, memberi contoh, dan memberi latihan isi pelajaran kepada siswa untuk mencapai tujuan tertentu. Dapat dikatakan metode pembelajaran merupakan bagian dari strategi instruksional. Tetapi tidak semua metode pembelajaran sesuai digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.

        3.   Macam- macam metode pembelajaran
a.       Metode pembelajaran ceramah adalah penerangan secara lisan atas bahan pembelajaran kepada sekelompok pendengar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dalam jumlah yang relatif besar.
b.      Metode pembelajaran diskusi adalah proses pelibatan dua orang peserta atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat, dan atau saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantara mereka.
c.       Metode pembelajaran demontrasi merupakan metode pembelajaran yang sangat efektif untuk menolong siswa mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan.
d.      Metode Pembelajaran Resitasi adalah suatu metode pengajaran dengan mengharuskan siswa membuat resume dengan kalimat sendiri.
e.       Metode pembelajaran eksperimental adalah suatu cara pengelolaan pembelajaran di mana siswa melakukan aktivitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu yang dipelajarinya.
f.       Metode study tour Study tour (karya wisata) adalah metode mengajar dengan mengajak peserta didik mengunjungi suatu objek guna memperluas pengetahuan dan selanjutnya peserta didik membuat laporan dan mendiskusikan serta membukukan hasil kunjungan tersebut dengan didampingi oleh pendidik.
g.      Metode latihan keterampilan (drill method) adalah suatu metode mengajar dengan memberikan pelatihan keterampilan secara berulang kepada peserta didik, dan mengajaknya langsung ketempat latihan keterampilan untuk melihat proses tujuan, fungsi, kegunaan dan manfaat sesuatu.
h.      Metode pembelajaran beregu adalah suatu metode mengajar dimana pendidiknya lebih dari satu orang yang masing-masing mempunyai tugas.
i.        Metode problem solving (metode pemecahan masalah) bukan hanyasekadar metode mengajar, tetapi juga merupakan suatu metode berpikir, sebabdalam problem solving dapat menggunakan metode-metode lainnya yang dimulaidengan mencari data sampai pada menarik kesimpulan.
j.        Project Method adalah metode perancangan adalah suatu metode mengajar dengan meminta peserta didik merancang suatu proyek yang akan diteliti sebagai obyek kajian.
k.      Metode Global yaitu suatu metode mengajar dimana siswa disuruh membaca keseluruhan materi, kemudian siswa meresume apa yang dapat mereka serap atau  ambil intisari dari materi tersebut.